Berbagi Ilmu dan Pengalaman

Wednesday, 17 February 2021

Pengertian Fungsi pada MS.EXCEL 2016

    

    Salam jumpa lagi kali ini saya akan memberikan materi tentang Fungsi pada Ms. Excel.Apakah sebuah fungsi dari Ms.Excel ini? Fungsi di Excel adalah rumus yang telah ditetapkan untuk melakukan perhitungan dengan menggunakan nilai - nilai tertentu dengan urutan yang sesuai.
    Agar sesuai tujuannya fungsi harus ditulis sesuai dengan ketentuan penulisan fungsi yang disebut sintaks. Dalam sintaks ini penulisan dimulai dengan tanda = , nama fungsi dan dilanjutkan penulisan argumen bisa 1 ataupun lebih. gambarannya seperti contoh ini

Cara menuliskan Argumen:
  1. Argumen biasanya dimulai dengan tanda kurung buka dan diakhiri tanda kurung tutup.
  2. Argumen  bisa ditulis individu atau dalam rentang sel.
  3. Argumen - argumen bisa berisi satu argumen atau lebih. Jika lebih dari satu argumen maka penulisannya harus dipisah dengan tanda koma.
  4. Misalnya kita akan menuliskan fungsi untuk mencari nilai rata - rata dengan 1 argumen maka penulisannya seperti contoh gambar..
  5. Jika menggunakan lebih dari 1 argumen cara penulisannya juga akan berbeda, lihat contoh gambar
Cara membuat fungsi pada formula bar:
  1. Letakkan kursor pada Formula bar lalu ketikan terlebih dahulu tanda =.
  2. Setelah tanda sama dengan klik huruf depannya misalnya jumlah total ketik huruf S, lalu akan muncul pada formula bar fungsi gunakan scrool untuk mencari fungsi sum.
  3. Setelah ketemu, klik fungsi sum tersebut lalu klik sel yang akan digunakan untuk menulis argumen.
  4. Setelah selesai klik tombol enter pada keyboard.
Cara menulis fungsi AutoSum:
AutoSum digunakan untuk memasukkan fungsi yang umum digunakan yaitu SUM,AVERAGE,COUNT,MIN dan MAX. cara menuliskannnya adalah sebagai beikut:
  1. Letakkan kursor dalam sel yang akan berisi sebuah fungsi AutoSum.
  2. Kemudian klik ribbon menu pada tab formula perintah AutoSum.

  3. Secara otomatis Excel akan mengurut rentang sel yang akan dijumlahkan
  4. Setelah itu tekan tombol keyboard Enter.
  5. AutoSum ini dapat juga diakses melalui menu tab Home.
Menulis fungsi secara manual pada sel:
  1. Letakkan kursor pada sel.
  2. ketik pada sel tanda  = .
  3. Setelah itu ketikan huruf depan dari sebuah fungsi misalnya huruf S.
  4. setelah kita ketikan maka akan muncul list drop down fungsi yang mengarah ke awalan huruf S seperti contoh gambar.
     
  5. Setelah kita memilih formula jangan langsung menekan tombol keyboard Enter karena sel akan memberitahu kesalahan. Klik kiri 2 kali secara cepat pada fungsi,otomatis akan muncul tanda kurung buka setelah fungsi.
  6. Setelah itu klik pada sel referensi dan tarik kebawah
  7. Kemudian baru menekan tombol keyboard Enter.
Cara memasukkan fungsi kedalam sel:
  1. Buatlah tabel untuk menghitung hari kerja.


  2. kemudian  letakkan kursor pada sel F4 dibawah kolom hari kerja.
  3. Klik perintah Insert Function pada Group Function Library. lalu keluar kotak dialog Insert Function.
  4. Isikan pada kolom teks perintah count days lalu tekan tombol GO. lalu scroll ke bawah pilih Network days. lalu klik tombol OK
  5. Setelah diklik akan muncul dialog fungsi argumen untuuk mengisikan rentang sel yang akan dihitung.
  6. Setelah diisi maka otomatis akan muncul jumlah hari kerja pengiriman barang.
  7. Dalam perhitungan hari kerja hari libur tidak dihitung.
selesai


Postingan populer

Blog ini adalah tulisan - tulisan saya tentang pengalaman belajar dan memperoleh ilmu secara autodidak, berisi tentang hoby, informasi dan pengalaman hidup. Dan ingin membagikannya kepada siapapun yang membutuhkan tentang informasi dan ilmu saya......terima kasih sudah mampir disini