Berbagi Ilmu dan Pengalaman

Sunday, 26 September 2021

Pencahayaan pada obyek blender 3D bag-1

Selamat pagi, kali ini saya akan memberikan tutorial mengenai lighting atau pencahayaan pada obyek atau model yang telah kita buat pada Blender 2.81

Langsung saja cara memberi pencahayaannya adalah sebagai berikut:

Buat model terlebih dahulu jika anda ingin mendownload model atau obyek gratis dari saya klik disini free 3D obyek blender.

Pencahayaan menggunakan Light:

Menambahkan cahaya menggunakan light dengan menekan tombol light di outliner,kemudian pada bagian propertinya akan muncul treeview yang berisi Tab Point,Sun,Spot dan Area.

Point:

Didalam tab point ini terdapat 6 setingan yaitu :
  1. Color :yang digunakan untuk mengatur warna cahaya yang diberikan pada obyek.jika diklik akan muncul pilihan warna pilihlah warna sinar yang diinginkan untuk obyek.
  2. Power :untuk defaultnya akan berisi 1000 Watt. kita bisa menggantinya dengan angka lebih besar dari 1000 W jika ingin sinarnya menjadi terang dan menurunkan nilainya jika ingin sinarnya menjadi redup/gelap.
  3. Size: adalah area pencahayaan yang berbentuk lingkaran, untuk defaultnya 0,2 Meter, kita bisa mengubahnya, semakin besar nilainya semakin besar pula cahaya yang diterima obyek.
  4. Max Bounce: adalah pantulan cahaya yang mengenai obyek, jadi sangat berhubungan dengan pantulan difuse yang mengenai obyek, seperti contoh dalam kehidupan sehari - hari misal pada saat kita didalam kamar siang hari, walaupun tidak terkena sinar matahari , namun kamar kita tetap terang walaupun tidak seterang jika kamar terkena matahari langsung inilah yang disebut cahaya/pantulan  diffuse, untuk seting ini nilai maksimumnya adalah 1024 (max bounce) dan bila kita menggunakan angka 0 sinar akan langsung mengenai obyek (tanpa difuse).
  5. Cast shadow: jika kita memberikan centang untuk seting ini maka akan muncul bayangan obyek
  6. Multple important: adalah cahaya yang mengenai obyek dan akan muncul refleksi /pantulan sinar


Sun:

Didalam tab point ini terdapat 6 setingan yang sama dengan seting point diatas akan tetapi untuk size diganti dengan sudut pencahayaan atau angle dengan memberikan nilai sesuai sudut pencahayaan dan titik berwarna kuning akan bergerak mengikuti nilainya.  
dan untuk mengatur sudut pencahayaan kita bisa mengaturnya juga dengan drag and drop lingkaran yang ada di bawah sinar secara langsung. bagian - bagian ini antara lain:


Spot :

Didalam tab point ini terdapat 6 setingan yang sama dengan point, akan tetapi terdapat tambahan seting pada bagian spot shapes yaitu lingkaran pada bagian bawah dan tanda panah berwarna biru, untuk isian nilainya pada spot ini adalah jika 
  • Size pada bagian ini diperbesar maka maka area sinar yang mengenai obyek akan besar pula begitu pula sebaliknya
  • Sedangkan untuk setingan Blend yaitu untuk mencampur warna sinar dan obyek. Kita bisa menampilkan sinar cone dengan mencentang bagian show cone.

Area:

Pada setingan area ini terdapat Color,Power,Shape,Size x dan y, Max bounce, Cast shadow, Multiple importance dan Portal.Untuk yang sudah dijelaskan diatas saya akan melewatinya seperti : Color,Power Max bounce, cast shadow dan Multiple importance. Dan saya akan menjelaskan bagian yang ditambahkan yaitu:
    1. Shapes: jika drop down diklik pada bagian ini akan muncul pilihan bentuk sinar yang akan mengenai obyek,seperti kotak,persegi,lingkaran dan bulatan..
    2. Portal: jika portal ini ini dicentang maka bagian Cast shadow, Multiple importance akan nonaktif/off.
    3. Size x dan y: adalah seting untuk memberikan nilai panjang dan lebar ukuran shapenya dan hanya untuk rectangle dan ellipse.
ok sekian dulu tutorial pencahayaan bagian 1….semoga bermanfaat

Postingan populer

Blog ini adalah tulisan - tulisan saya tentang pengalaman belajar dan memperoleh ilmu secara autodidak, berisi tentang hoby, informasi dan pengalaman hidup. Dan ingin membagikannya kepada siapapun yang membutuhkan tentang informasi dan ilmu saya......terima kasih sudah mampir disini