MENGGUNAKAN TEXTURE UNTUK SEBUAH OBYEK bagian 1
Selamat pagi, kali ini saya akan memberikan tutorial tentang texture/tekstur yang ada pada Blender 3D. Pengertian texture secara sederhana adalah pola pada permukaan padat dan merupakan gambaran dari 2 dimensi maupun 3 dimensi yang memiliki karya seni tersendiri.terdapat 2 jenis texture yaitu secara fisik dan secara visual untuk membedakannya adalah jika permukaan yang mempunyai texture bisa disentuh berarti itu merupakan tekstur fisik begitu sebaliknya jika hanya bisa dilihat merupakan tekstur visual.Pada Blender 3D ini kita menggunakan jenis textur visual 3D karena tidak bisa kita sentuh polanya. Tujuan penggunaan textur di Blender 3D ini adalah agar kita bisa lebih cepat dan mendapatkan hasil optimal dalam hasil gambar sebuah obyek karena kita bisa menggunakan foto atau menggambar tekstur sendiri yang telah disediakan oleh Blender 3D ini maka hasil karya kita bisa terlihat nyata atau real dengan adanya penambahan texture ini. Bagaimana cara penggunaan texture di Blender 3D ini ikuti petunjuk dibawah ini:.
- Klik obyek yang akan diberikan efek dengan menggunakan node.
- Klik workspace area Shading.
- Pada work space area bagian bawah akan terdapat node material
.
- Klik Add-> Lalu pilih Texture
.
- Terdapat 14 pilihan Texture untuk diterapkan atau digunakan pada obyek.
- Brick Texture: Adalah tekstur dengan pola yang berbentuk batu bata, sambungkan node brick tekstur ke Base color dan warna yang ada pada obyek akan berubah menjadi warna yang mempunyai pola batu bata
.
- Checker Texture:Texture ini digunakan atau diterapkan pada obyek dengan bentuk pola sperti papan catur.
.
- Environment Texture: Texture ini merupakan texture yang diterapkan ke dalam obyek harus dalam bentuk image atau gambar, dan kita harus mengklik open untuk mendapatkan gambar setelah gambar diterapkan maka obyek akan langsung berubah mengikuti textture gambar tadi. Jika gambar yang dimasukkan tidak suport maka warna /texture obyek akan menjadi merah muda.
.
- Gradien Texture: Merupakan gradasi warna texture, jadi pola nya merupakan warna gradasi saja, dan untuk lebih jelas tentang pembagian warnanya kita bisa memodifikasi nodenya dengan color ramp atau yang lainnnya.
.
- IES Texture: adalah texture yang digunakan untuk pencahayaan
.
- Untuk menggunakan texture type ini kita harus menseting render dengan type Cycles.
- Kemudian kita klik pada bagian light, kemudian pada bagian bawah tab light pilih use nodes
.
- Setelah itu pada bagian nodes obyek light akan muncul nodes baru yang terdiri dari Emission dan Light output seperti contoh gambar
.
- Modifikasi node ini seperti contoh gambar, agar terlihat cahaya yang mengenai obyek berwarna warni.
.
- Hasilnya adalah seperti ini
OK sekian dulu untuk tutorial penggunaan texture bagian 1 dengan nodes lain kali kita lanjutkan lagi pada bagian ke 2.
terima kasih.
terima kasih.