Berbagi Ilmu dan Pengalaman

Sunday, 17 January 2021

MENGENAL POWER POINT 2016(Bagian 3) Mengolah Teks

MENGENAL FORMATING TEKS PADA POWER POINT


    Pada saat pertama kali halaman presentasi kita buat, dengan memilih blank presentasi akan muncul 2 kotak teks yaitu pada bagian atas adalah Title (judul) dan bagian bawah adalah sub title(keterangan judul)


Dan jika kita ingin menambahkan tulisan, kita tinggal mengklik pada bagian judul maupun keterangan judul. 
Untuk jenis huruf defaultnya (seting awal) adalah CALIBRI LIGHT dengan ukuran 60 untuk judul dan keterangan judul adalah CALIBRI body ukuran 24.

Menyalin (copy),meletakkan/menempel (paste),memotong(cut) dan memindahkan(move) Teks

Bagaimana cara menyalin teks (Copy) di Power Point ini? langsung saja saya berikan cara menyalinnya:
  1. Kita bisa menyalin teks dengan memblok/seleksi pada kotak teks dengan mengklik terlebih dahulu kotak teks mana yang akan kita salin.
  2. Blok teks dengan mendrag and drop mouse(seret mouse geser dan lepaskan) atau jika kita ingin memblok seluruh teks pada kotak yang kita pilih gunakan kombinasi tombol keyboard yaitu CTRL+A (tombol ctrl harus ditekan lebih dahulu baru hurufnya) setelah kedua tombol dilepas maka teks akan terblok
  3. Lalu tekan Tab menu Home, pilih perintah(command) Copy lalu klik kiri,  atau dengan menekan tombol kombinasi keyboard seperti contoh diatas tetapi berbeda huruf ,yaitu tekan CTRL + C untuk menyalin teksnya
Untuk  meletakkan/menempel teks(Paste) yang sudah dicopy caranya adalah sebagai berikut: 
  1. Perlu diingat bahwa teks yang belum dicopy atau disalin, kita tidak akan dapat meletakkan/menempel teksnya pada halaman.
  2. Setelah itu kita harus menentukan dimana teks yang sudah disalin akan diletakkan, misalnya akan kita letakkan di kotak keterangan judul, maka klik dahulu kotaknya lalu blok semua teks. 
  3. Lalu letakan/tempel dengan cara menekan Tab menu Home, pilih perintah(command) Paste maka akan langsung muncul teksnya seperti contoh gambar


Memotong(Cut) teks berfungsi untuk memindahkan teks akan tetapi dengan cara menyalin dan menghilangkan sumber aslinya(cut), kemudian ditempel/letakkan pada halaman yang diinginkan. bedanya dengan copy atau salin yaitu jika salin atau copy sumbernya tidak dihilangkan sedangkan potong atau cut sumber aslinya dihilangkan, caranya menggunakannya adalah sebagai berikut:
  1. Blok teks yang akan kita potong pada kotak teks
  2. Lalu klik perintah(command) Cut pada Tab menu home

  3. Lalu klik paste pada tab menu home ,maka akan muncul hasilnya seperti gambar


Untuk memindahkan teks cukup mudah yaitu hanya memblok teks lalu Drag and Drop teks tersebut ke kotak teks yang kita inginkan


Memformat Teks dan mengedit teks

   Memformat teks bertujuan untuk memperindah teks, baik warna, bentuk,jenis dan posisi teks. Teks yang indah dan bagus akan mempengaruhi orang atau pembaca benar - benar menikmati tampilan keindahan teks atau tulisan tadi. Banyak ragamnya mengenai cara memperindah teks ini. Dibawah ini saya akan jelaskan sedikit cara memperindah teks dengan memformat/mengeditnya. Sebelum memformat font kita harus seleksi/blok terlebih dahulu teks bagian mana yang akan kita rubah.
  1. Merubah Jenis huruf: Jenis  huruf defaultnya adalah calibri, untuk merubah - ubah huruf sesuai dengan tema presentasi kita , klik tab home yang akan kita ganti pada group Font lalu terdapat kotak kecil yang bertuliskan jenis hurufnya dan klik panah kecil disisi kanan tulisan, maka setelah diklik akan muncul banyak jenis huruf yang bisa kita gunakan.

  2. Merubah Ukuran huruf: Pada dasarnya sama dengan memformat jenis huruf,letak perintah format ukuran huruf ini berada disebelah kotak teks jenis huruf. jadi tinggal kita ganti sesuai ukuran yang kita inginkan.

  3. Merubah warna huruf: Memberi warna pada huruf akan lebih menambah suasana dari tema yang kita buat. cara untuk merubah warnanya adalah dengan mengklik font color ikon huruf A seperti gambar, setelah itu kita tinggal memilih warna yang sesuai.



  4. Memberi bayangan huruf: Memberi bayangan huruf akan membuat teks menjadi seperti gambar 3 dimensi, untuk membuatnya klik ikon yang bergambar S, kemudian setelah diklik akan muncul bayangan pada teks, dibawah ini gambar teks sesudah diberi bayangan



    dan sebelum diberi bayangan

  5. Mengatur jarak huruf: Jarak huruf kadang diperlukan agar tampilan teks bisa memenuhi lebar halaman. Untuk mengatur jarak huruf kita bisa mengklik ikon yang bertanda AV pada group font, setelah teks diseleksi atau diblok kita tinggal mengklik ikon ini lalu akan keluar pilihan ,normal defaultnya, tight (rapat),very tight(sangat rapat),loose (melebar), very loose (lebih lebar) dan pilihan jarak dengan mengganti ukuran jarak (more spacing)

  6. Mengatur bentuk huruf: bentuk huruf pada pengeditan ini yang umum dan sering digunakan ada 3 yaitu membuat ketebalan huruf dengan menekan ikon pada group font B atau dengan kombinasi tombol keyboard CTRL + B, kemudian membuat huruf menjadi miring ke kanan dengan mengklik ikon I atau dengan menekan kombinasi tombol keyboard CTRL + I, dan yang lain adalah membuat garis bawah pada huruf, yaitu dengan cara mengklik ikon U, atau dengan menggunakan kombinasi keyboard CTRL + U.

  7. Perataan teks : Perataan teks digunakan agar teks atau tulisan  yang sudah kita buat bisa terlihat rapi bagian pinggirnya. ada 4 bentuk perataan teks pada Power Point ini yaitu perataan teks kiri(align left),perataan teks bagian kanan(align right),perataan teks kiri dan kanan (justify) dan perataan/ posisi teks berada di tengah (Center). Untuk membuat perataan ini kita bisa melihatnya pada tab Home digroup Paragraph, dibagian bawah terdapat ikon yang bergambar garis - garis, kita tinggal mengklik sesuai bentuk gambarnya untuk membuat perataan teksnya. Kita bisa juga menggunakan kombinasi tombol keyboard seperti diatas CTRL + L (perataan kiri teks), CTRL + R (perataan kanan teks), CTRL + J (perataan kiri dan kanan) serta CTRL +E(perataan tengah)

  8. Mengatur huruf capital: Jika kita menulis teks dan ingin merubah huruf kecil menjadi besar, memang mudah tinggal tombol Capslock pada keyboard dinyalakan atau tekan kombinasi tombol Shift + huruf, akan tetapi jika kita sudah terlanjur mengetik sekian banyak teks, maka jika akan mengubahnya akan kerepotan. Di dalam Power Point sudah disediakan Command atau perintah mengganti casenya yaitu dengan cara mengklik ikon yang bergambar aA , lalu lanjutakan dengan memilih mode besar atau kecilnya atau campuran. Kita juga bisa menggunakan kombinasi tombol keyboard   shift + F3.

  9. Mengatur arah teks dalam kotak teks:  Jika kita ingin mengatur arah teks vertikal, horisontal atau memutarnya ,Power Point juga memberikan fasilitas ini, yaitu pada command ikon direction teks
  10. , setelah kita seleksi kita klik ikon ini maka teks tadi akan berubah arahnya, terdapat4 macam bentuk dan 1 pilihan yang bisa kita gunakan dan jika kita klik maka akan keluar text option disebelah kan halaman (right pane)
  11. kita bisa mencoba sendiri option dari teks ini. Cobalah kalian klik dan ubah nilainya lihat apa yang berubah dari teks yang sudah kita seleksi.
  12. Mengatur align teks vertikal: Berbeda dengan perataan teks horisontal yang meratakan teks bagian kiri,tengah kanan dan justify , perataan ini mengatur posisi tulisan atau teks ke bagian atas, tengah, maupun bawah kotak teks. kita tinggal mengklik ikon Align text yang berada dibawah ikon text direction

     


  13. terdiri dari align top,bottom dan middle serta 1 pilihan more option
  14. Mengatur jarak alinea atau baris: Pada saat kita sudah membuat ketikan yang sudah banyak, kadang jarak antara baris terlihat rapat, untuk mengatur jarak baris ini kita bisa menggunakan command line spacing pada tab home. terdapat nilai jarak jika kita mengklik ikonnya




Ok, sekian dulu tutorial mengenai Power point bekerja dengan teks,semoga bermanfaat... terimakasih sudah membacanya

Postingan populer

Blog ini adalah tulisan - tulisan saya tentang pengalaman belajar dan memperoleh ilmu secara autodidak, berisi tentang hoby, informasi dan pengalaman hidup. Dan ingin membagikannya kepada siapapun yang membutuhkan tentang informasi dan ilmu saya......terima kasih sudah mampir disini