Berbagi Ilmu dan Pengalaman

Wednesday, 21 April 2021

Track changes dan Komentar pada Ms.Excell 2016

 Salam jumpa lagi dengan saya, kali ini saya akan menjelaskan mengenai track changes dan komentar(comment), track changes digunakan untuk melihat  perubahan pada cell dalam halaman, misalnya kita mengubah cell pada hari ini atau menyalin dari cell 1 ke yang lainnya maka akan muncul informasi yang menunjukkan adanya perubahan dan cell pun akan ditandai dengan adanya segitiga kecil bagian kiri atas serta warna border cell yang berbeda. Tidak semuanya cell bisa menampilkan perubahan yang terjadi dalam cell.Sedangkan komentar digunakan untuk memberi informasi pada sebuah cell. Jika kita menggunakan komentar ini kita tidak perlu mengaktifkan mode track changenya.


Cara menampilkan track change:

  1. Untuk menampilkan track changes jika belum ada , klik menu tab Review.
  2. Klik kanan pada group comments, akan muncul menu Add Quick Access Toolbar.

  3. Akan muncul kotak dialog Quick Access Toolbar

  4. Pada kotak teks chose command from pilih All Commands.

  5. Kemudian scroll kebawah mouse dan klik Track Changes Lagacy.
  6. Dibagian kanan kotak eksplorer, klik hirarki Comments.
  7. Buatlah group baru dengan mengklik  New Group.

  8. Setelah terbentuk Group baru, tambahkan track changesnya ke dalam kotak ekplorer dengan mengklik Add.

  9. Setelah itu tekan tombol OK
  10. pada bagian group new ribbon tab akan muncul perintah track changes.



  11. Klik kiri track changes kemudian centang bagian where dan who, yang artinya kapan kita merubahnya dan siapa saja yang merubahnya, kita bisa memilih sesuai keinginan kita.lalu tekan tombol OK


  12. Jika tidak ada perubahan data maka akan muncul kotak pesan tidak ada perubahan data

  13. Jika kita merubah data dalam cell maka akan muncul informasi dan bertanda segitiga dipojok kiri atas, jika kita mengarahkan mouse ke cell yang  dari track changes-nya seperti gambar
Menambahkan history/ menyimpan informasi perubahan:

Fungsi dari histori ini adalah kita akan mengetahui terjadinya perubahan data dalam cell workbook kita, kapan dan oleh siapa, jadi jika terjadi kesalahan dalam data kita bisa mengetahui solusinya.

  1. Klik cell yang akan diberi history.
  2. Kemudian simpan workgroup atau filenya.
  3. Klik track changesnya seperti diatas dan akan keluar kotak dialog Higlight changes.

  4. Lalu pilih dan centang bagian List changes on a new sheet.
  5. Lalu tekan tombol OK.
  6. Akan muncul sheet baru tentang history perubahan data pada cell 



Memberi Comments/Komentar (info):

Fungsi dari memberi komentar ini hampir mirip dengan track change, akan tetapi komentar ini atau info dalam cell kita beri secara manual dan kita tandai bahwa dalam cell tersebut ada yang penting misalnya.

Cara membuat komentar adalah sebagai berikut:

  1. Klik cell pada workbook.
  2. Klik New comment pada group comments.
  3. Akan muncul tanda merah di pojok kanan atas pada cell dan muncul teks info untuk diberi keterangan


     
  4. Isikan info dengan mengetikan apa yang diperlukan.
  5. Info ini akan selalu muncul jika kita memberikan perintah show dan secara otomatis,
  6. Jika ingin menampilkan atau menyembunyikan info ini secara otomatis maka kita harus mengklik perintah show/hide pada group comments

  7. Dan jika kita ingin menghapus info atau komentar kita klik perintah delete comment

  8. Untuk menampilkan semua info atau komentar maka klik perintah show all comments

Ok sekian dulu tutorialnya

 

    

No comments:

Post a Comment

Postingan populer

Blog ini adalah tulisan - tulisan saya tentang pengalaman belajar dan memperoleh ilmu secara autodidak, berisi tentang hoby, informasi dan pengalaman hidup. Dan ingin membagikannya kepada siapapun yang membutuhkan tentang informasi dan ilmu saya......terima kasih sudah mampir disini