Berbagi Ilmu dan Pengalaman

Monday, 13 September 2021

Belajar Software 3D Blender bag 3 (Work Space)



WORK SPACE


Work space disebut juga ruang kerja, dimana ruang kerja mempunyai halaman utama dan untuk menampilkan pekerjaan atau project kita serta tempat kita mengedit. Didalam workspace ini juga mempunyai tampilan dan menu yang berbeda - beda untuk tiap -tiap bagian didalam program ini.

Bagian - bagian workspace ini berada pada top bar juga dan dispisahkan oleh Tab menu.

Controls /Pengendali/pengaturan:

Kita bisa menggunakan keyboard shortcut untuk beralih dari satu tab ke tab lain dengan menggunakan tombol kombinasi CTRL +PageUP atau CTRL + PageDown dan untuk mengubah nama dari bagian workspace tersebut kita bisa mengklik 2kali cepat pada mouse.

Add button/tombol menambahkan area workspace baru:

Terdapat tombol untuk menambahkan bagian workspace baru dengan menggunakan Add dimana fungsinya kita bisa menambahkan workspace baru yang sama/menghapus/memindahkan posisi tab workspace.

DEFAULT WORKSPACE:

Program ini mempunyai seting default pada awal untuk menampilkan workspacenya yaitu Layout.yang memiliki bagian - bagian editor seperti:
  • 3D viewport disebelah kiri atas.
  • Outliner berada disebelah kanan atas.
  • Properti disebelah kanan bawah.
  • Time line berada dibagian kiri bawah.




Blender workspace memiliki 4 bagian editor. yaitu 3D layout berwarna kuning,Outliner berwarna hijau,properties berwarna biru dan time line berwarna merah.
Dan mempunyai beberapa workspace yang ditambahkan secara default yaitu:
  1. Modeling: bagian untuk membuat bentuk geometri misalnya kubus,tabung bola dan lain - lain
  2. Sclupting: bagian untuk membuat model dalam bentuk pahatan yang sudah berbentuk mesh(jaring) misalnya bagian model geometri yang penyok tidak beraturan.
  3. UV editing:bagian untuk membuat permukaan model sesuai real atau keinginan kita.
  4. Texture Paint:bagian untuk membuat tektur gambar pada 3D viewport.
  5. Shading:Bagian untuk menambahakan material khusus pada viewport(background,warna pencahyaan dan efek - efek lain).
  6. Animation:Bagian yang digunakan untuk membuat animasi.
  7. Rendering:Bagian yang digunakan melihat hasil akhir dari sebuah gambar /model yang kita buat.
  8. Compositing:Bagian yang digunakan untuk mencapur efek - efek setelah hasil direndering.
  9. Geometry Node:Bagian yang digunakan untuk memperpendek pengaturan pada shading agar kita mudah melihat hasil pemberian efek.
  10. Scripting:bagian yang digunakan untuk penulisan kode program.


ADITIONAL WORKSPACE/penambahan workspace:


Untuk bagian - bagian ini adalah penambahan fasilitas baru pada program ini yaitu:

  • 2D animasi:2D animasi: adalah bagian yang digunakan untuk menggambar 2D dengan GreasePencil.
  • 2D FUll Canvas: adalah bagian yang digunakan untuk menggambar 2D secara penuh (full canvas).
SAVE and OVERRIDE:

Adalah bagian yang mengatur tentang penyimpanan sesuai apa yang terakhir kita kerjakan, misalnya pada saat terakhir kita mengerjakan sculpting maka jika kita meload hasil simpanan, workspace akan menuju ke tab Sclupting dan menampilkan hasil kerja kita yang terakhir. jadi tidak berada pada bagian layout workspace

contoh sculpting pada Blender



ok ...sekian dulu.

No comments:

Post a Comment

Postingan populer

Blog ini adalah tulisan - tulisan saya tentang pengalaman belajar dan memperoleh ilmu secara autodidak, berisi tentang hoby, informasi dan pengalaman hidup. Dan ingin membagikannya kepada siapapun yang membutuhkan tentang informasi dan ilmu saya......terima kasih sudah mampir disini