Berbagi Ilmu dan Pengalaman

Monday, 20 September 2021

Merender obyek Blender 3D dengan Cycle Engine



    Selamat pagi, hari ini saya akan membagikan tutorial merender (membuat obyek 3D menjadi 2D) dengan menggunakan mesin Cycle atau Cycle engine. Tentunya sebelum kita merender sebuah obyek haruslah kita mendisain obyeknya terlebih dahulu, kita bisa membuat bermacam - macam obyek karya kita atau dengan mendownload obyek dari karya orang lain secara gratis atau berbayar.

Untuk contoh obyek yang saya gunakan saya membuat sendiri, jika ingin mencoba obyek yang telah saya buat silahkan mendownloadnya di
menu free 3D.

Setelah kita membuat atau mendownload obyek maka kita harus memberi texture atau material dengan menggunakan menu shading .

Pada bagian view shading terdapat 4 tombol, yaitu

preview wireframe
,

preview solid
,

preview material
dan 
preview rendered
Dan contoh diatas adalah gambar obyek 3D yang sudah kita beri material dasar dengan hasil yang sudah dirender dengan Cycle Engine.

    Biasanya apa yang ditampilkan dalam preview dan hasil nyata render berbeda, akan tetapi kita bisa mengedit hasil render dengan menggunakan menu Compositing.


,setelah kita merender akan terlihat noise atau titik - titik seperti pasir pada gambar, dan untuk membersihkannya kita pakai menu compositing.
    Pada hasil render Cycle ini kita tidak perlu mengatur pencahayaan/lighting yang tepat dan cocok tanpa harus menambahkan banyak efek cahaya seperti render Eeevee. tapi kita harus mengatur material pada menu shading yang agak rumit agar hasilnya maksimal.
Untuk memulai merender dengan Cycle ikuti langkah - langkahnya sebagai berikut:


  1. Setelah obyek kita buat, klik menu shading, jangan lupa menekan tombol tab untuk mengedit atau preview obyek.

  2. Klik pada material properti , lalu klik tombol new.

  3. Akan keluar material baru .

  4. Dan pada bagian kiri akan muncul halaman editor untuk mengatur node material.

  5. Untuk bagian preview shading material akan terlihat seperti ini 

  6. Jika kita mengklik preview render maka tampilan akan berubah.

  7. Untuk memberikan efek logam pelajari di bagian ini, membuat efek logam.

  8. Untuk pemberian efek logam atau material pada render Cycle berbeda dan lebih sulit jika dibandingkan dengan render Eevee. saya akan memberikan contoh gambar hasil dari node sederhana dari pemberian material logam
    untuk mode pencahayaan render cycle lebih mudah tanpa menseting dan terlihat lebih bagus. akan tetapi untuk material dan tekturnya lebih smoot Eevee render dengan hanya menggunakan node sederhana diatas.

  9. Selanjutnya tinggal mengatur render bagian kanan .

  10. Dibagian sampling semakin tinggi kita menseting angkanya, semakin bagus hasilnya.

  11. Untuk mengatur kecerahan warna kita tinggal seting dibagian film , jika kita memilih standard maka warna dan kontrasnya akan semakin terlihat. akan tetapi tidak smooth hasilnya.

  12. Lalu klik render pada menu dibagian atas untuk melihat hasil gambar 2D-nya.

  13. Pilih render image dan klik.

  14. Tunggulah sampai proses selesai tergantung spesifikasi komputer

  15. Hasil rendering Cycle default tanpa denoising seting atau seting sederhana.

  16. Kalau dicoba di Eevee



    Ok sekian dulu cara merender menngunakan cycles Engine semoga bermanfaat jangan lupa klik tombol ikuti/follow.

No comments:

Post a Comment

Postingan populer

Blog ini adalah tulisan - tulisan saya tentang pengalaman belajar dan memperoleh ilmu secara autodidak, berisi tentang hoby, informasi dan pengalaman hidup. Dan ingin membagikannya kepada siapapun yang membutuhkan tentang informasi dan ilmu saya......terima kasih sudah mampir disini