Selamat pagi semoga kita sehat dan bahagia selalu, kali ini saya akan melanjutkan pembahasan pada modeling bagian 2 yaitu mengenai Teks 3 dimensi, obyek teks 3 dimensi pada program Blender ini berbeda dengan pembuatan obyek lain seperti kubus, tabung atau yang lainnya. Obyek teks pada Blender ini masih berbentuk gambar 2 dimensi yang harus dirubah dulu strukturnya menjadi mesh 3Dimensi. Mesh itu sendiri terdiri dari Vetices, Edges dan Face. sebuah contoh dibawah ini
Setelah kita mempelajari perbedaan pada kedua obyek 3 dimensi diatas sekarang kita akan belajar bagaimana cara menambahkan teks ke dalam layout kita, yuk kita simak penjelasannya dibawah ini:
- Seperti biasa buka dulu program Blender 3D.
- Lalu seleksi kubus yang ada pada layout.
- Hapus kubus tersebut dengan cara menekan tombol DELETE pada keyboard, karena kita tidak memerlukannya.
- Sekarang layout menjadi kosong.
- Untuk menambahkan obyek lain yaitu teks klik menu Add, klik kiri mouse text.
- Setelah itu pada dasar lantai layout akan muncul tulisan text,
.
- Kita bisa menggunakan scroll mouse untuk mendekatkan obyek atau menjauhkan obyek dari pandangan.
- Untuk mengganti tulisan kita bisa menggunakan tombol keyboadr TAB, ataupun dengan mengklik interaction mode edit.
.
- Muncul kursor blink untuk mengganti tulisannya, seperti biasa untuk menghapus tulisan kita bisa menggunakan tombol BACKSPACE atau tombol DELETE pada keyboard.Untuk ganti baris kita bisa menekan tombol ENTER pada keyboard.
- Coba kita ganti tulisan menjadi: Belajar 3 dimensi.
.
- Setelah itu klik tombol TAB lagi pada keyboard untuk berlalih mode.
- Kemudian untuk menampilkan bentuk 3 dimensi klik editor properti nya pilih ikon a, lalu klik bagian geometrinya
.
- Rubah angka pada kolom Extrude menjadi 0,13.
- Setelah itu bentuk teks akan mengikuti angka yang diberikan
- Sekarang kita putar dengan cara seperti yang diajarkan sebelumnya pada modeling bagian 1.
- Atau dengan menggunakan tombol keyboard, yaitu dengan menekan tombol R lalu lepas kemudian tombol X lalu lepas, kemudian ketikan angka dengan keyboard 90. Lalu klik kiri mouse untuk mengakhiri. Artinya obyek akan diputar pada sumbu X sebesar 90 derajat.
.
- Kemudian kita putar lagi agar bisa kita lihat dari depan, tekan tombol keyboard R, lanjutkan dengan tombol Z, lalu ketikan angka 90, trkahir tekan tombol kiri mouse(klik mouse). artinya obyek diputar pada sumbu Z sebesar 90 derajat.
.
- Jika kita tidak menjadikan obyek teks ini mempunyai mesh, tidak masalah akan tetapi kita tidak akan bisa memberikan efek - efek yang ada untuk mempercantik tulisan seperti pada video pembuka di youtube, yang memiliki banyak animasi efek tulisan yang bagus.
.
- Jika kita menginginkan teksnya agar memiliki mesh, maka kita harus mengklik kanan teksnya lalu klik Convert to mesh
.
- Jika kita sudah mengkonversinya, maka jika kita masuk kedalam modifier akan memiliki banyak pilihan
.
Ok sekian dulu cara membuat model dengan bantuan ADD TEXT.
No comments:
Post a Comment