MEMBUAT EFEK GLASS PADA OBYEK.
Selamat pagi dan semoga hari ini kita sehat dan berbahagia selalu. Kali ini saya akan memberikan tutorial penggunaan Nodes pada Blender bagian 2. Pada nodes Blender ini saya akan memberikan tutorial tentang penggunaan node glass untuk memberikan efek tampilan transparan.
Bagaimana caranya? ikuti petunjuk dibawah ini:
- Klik obyek yang akan diberikan efek dengan menggunakan node.
- Klik workspace area Shading.
- Pada work space area bagian bawah akan terdapat node material
.
- Untuk membuat obyek menjadi seperti gelas kita bisa menggunakan 2 cara yaitu dengan cara :
- .Menggunakan setingan Transmission,IOR dan Roughness.
:
- Geser nilai transmission pada node pada nilai maksimum.
.
- Setelah itu berikan nilai IOR (Index Of Refraction)
sesuai dengan keiinginan kita. IOR ini seperti bayangan yang ada pada gelas yang berisi air dan didalamnya terdapat benda misalnya pensil, Benda yang ada dalam air tersebut akan terlihat tidak lurus setelah tercelub air dalam gelas. atau kalau diartikan adalah Pembiasan cahaya.
.
- Misalnya kita beri nilai IOR nya adalah 0.9. dan Transmissionnya adalah 1.
.
- Hasil dari pemberian nilai diatas adalah seperti gambar ini
.
- Agar lebih terlihat transparan maka kita kurangi nilai Roughnessnya menjadi 0 tau minimum.
.
- Setelah diberi nilai minimum pada Roughness maka hasilnya akan terlihat seperti dibawah ini
.
- Terilhat bahwa obyek yang sudah kita atur nilai Transmission,IOR dan Roughness akan menjadi terlihat seperti gelas.
- Menggunakan cara menambahkan node Transparent, Glass,Refraction dan Mix shader.
- Sebelumnya hapus node default yaitu Principled BSDF.
.
- Kemudian tambahkan node Mix shader dan sambungkan ke surface
.
- Kemudian tambahkan node Surface dan sambungkan pada bagian bawah node Mix shader tadi
.
- Setelah diberi node Refraction obyek sudah terlihat menjadi sebuah gelas.
.
- Tinggal kita merubah nilai IORnya dan Roughness.
- Tambahkan node Mix Shader lagi dan sambungkan ke bagian Mix shader pertama yang atas.
.
- Lalu tambahkan node Glass sambungkan ke Mix shader kedua bagian atas dan node Transparent dibagian Mix shader bawah.
.
- Fungsi dari pemberian node Glass ini agar efek gelas pada obyek terlihat Blur atau buram, sedangkan node Transparent digunakan untuk efek jika didalamnya terdapat air yang kita beri warna.
- hasil dari penambahan efek node Glass dan transparent dan tanpa keduanya
OK sekian dulu bagian efek node Blender kali ini, semoga bermanfaat
Related Post:
https://www.didinsuko.com/2021/11/nodes-blender-bagian-1.html.
No comments:
Post a Comment